Tags

, ,


Bagi seorang guru mungkin sudah sering mendengar, mengucapkan dan menuliskan kata SILABUS. Jika kita coba merunut kembali/menanyakan kembali pada diri Kita apa itu SILABUS?

Silabus mulai dikenal sejak didengungkannya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah sebuah kurikulum operasional pendidikan yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan di Indonesia. KTSP secara yuridis diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Penyusunan KTSP oleh sekolah dimulai tahun ajaran 2007/2008 dengan mengacu pada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk pendidikan dasar dan menengah sebagaimana yang diterbitkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional masing-masing Nomor 22 Tahun 2006 dan Nomor 23 Tahun 2006, serta Panduan Pengembangan KTSP yang dikeluarkan oleh BSNP.

Pada prinsipnya, KTSP merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari SI, namun pengembangannya diserahkan kepada sekolah agar sesuai dengan kebutuhan sekolah itu sendiri. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus. Pelaksanaan KTSP mengacu pada Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan SI dan SKL.

Pengembangan silabus berdasarkan standar isi yang telah ditetapkan pemerintah yang memuat diataranya standar kompetensi dan kompetensi dasar. Standar kompetensi dan kompetensi dasar merupakan target minimal yang ditetapkan pemerintah untuk seluruh sekolah di wilayah RI. Berdasarkan peraturan menteri negara pemberdayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya Bab VII Pasal 13 menyatakan salah satu tugas guru adalah mengembangkan SILABUS

Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu/kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang meliputi:

  1. Identitas Silabus.
  2. Standar Kompetensi (SK)
  3. Kompetensi Dasar (KD)
  4. Indikator pencapaian kompetensi
  5. Materi pokok/pembelajaran
  6. Sumber belajar
  7. Kegiatan pembelajaran
  8. Nilai karakter
  9. Alokasi waktu
  10. Penilaian

Adapun penjelasan yang lebih lanjut pada kesempatan berikutnya

terima kasih

bamstheguru