Tags

, ,


Ada sebagian dari kita merasa bahwa pengembangan silabus bukanlah tugas seorang guru sehingga silabus yang dipakai adalah silabus contoh yang telah beredar sebagai sesuatu yang tidak perlu dikaji ulang atau dirubah layaknya standar isi. Seorang guru sebetulnya harus mengembangkan sediri silabusnya sesuai dengan situasi dan kondisi dari sekolah dimana seorang guru tersebut mengajar. Sehingga silabus yang dikembangkan suatu sekolah belum tentu sesuai dengan situasi dan kondisi dari sekolah lainnya.

Sebetulnya pengembangan silabus itu kita gunakan untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut:

  • Kompetensi apa saja yang harus dicapai oleh peserta didik?
  • Setelah mengetahui kompetensi yang harus dikuasai siswa, Kita sebaiknya menentukan parameter ketercapaian kompetensi tersebut agar mudah dalam memantau ketercapaian kompetensi yang diharapkan. Bermula dari sini muncul permasalahan bagaimana caranya menentukan indikator pencapaian kompetensi tersebut?
  • Setelah jelas kompetensi yang hendak dicapai dan indikator pencapaiannya maka muncul permasalahan bagaimana cara mencapai kompetensi tersebut?
  • Bagaimana cara mengetahui ketercapaian kompetensi tersebut?
  • Berapa lama alokasi waktu yang dibutuhkan?
  • Bagaimana mengintegrasikan nilai karakter bangsa dalam kegiatan pembelajaran? dan nilai karakter yang seperti apa yang hendak dicapai melalui kegiatan pembelajaran tersebut?