Membuat Kelas/Grup

Sebelum membuat kelas/grup, sebaiknya pelajari Petunjuk Praktis Keamanan dan Kenyamanan di edmodo.

Kelas/Grup di edmodo merupakan suatu tempat yang memudahkan siswa untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan satu sama lain. Membuat kelas/Grup dapat dilakukan dengan memilih link “Create” pada panel sisi kiri halaman website edmodo.

Halaman Pop Up akan muncul seperti terlihat pada gambar dibawah. Anda bebas memberi nama, melengkapi identitas (Grade, Subject, Sub Subject) kelas. Pilih tombol “Create“. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan bahwa Anda telah berhasil membuat kelas disertai nama dan kode kelas yang terdiri 6 karakter. Kode kelas inilah yang Anda gunakan untuk mengundang siswa masuk dalam kelas di edmodo.

Kode kelas dapat dilihat pada halaman web kelas, di pojok kanan atas, sedangkan nama kelas terletak pada panel sisi kiri.

Jika beberapa siswa telah memiliki account di edmodo, mereka dapat bergabung dengan kelas Anda dengan klik link “Join” pada penel sisi kiri, dan memasukkan 6 karakter kode kelas.

Setiap ada anggota baru di kelas Anda, Anda akan mendapatkan pemberitahuan di bagian notifications.

Catatan: Sebaiknya Anda mengkunci/mereset kode kelas jika semua siswa telah bergabung untuk menghindari adanya penambahan anggota baru yang tidak diharapkan.

Join Group URL

Anda dapat mengundang orang lain untuk bergabung tanpa harus memberikan kode kelas dengan menggunakan “Request To Join URL“, Request to join URL berada dibawah kode kelas. Ketika Anda memilih “Request to Join URL” maka otomatis akan dibuatkan URL yang unik. Anda dapat mendistribusikan URL ini pada orang yang terpilih. Ketika link yang anda berikan dibuka maka akan ada pemberitahuan permintaan bergabung dalam kelas/grup. Selanjutnya terserah Anda mau mengijinkan masuk atau tidak